Home » » Perbandingan Pocket Diaper Dan Cover Diaper

Perbandingan Pocket Diaper Dan Cover Diaper

Written By Unknown on Rabu, 03 Juli 2013 | 04.44

Apa perbedaan antara clodi model Pocket dan model Cover?. Pertanyaan ini sering kali di ajukan oleh para bunda yang masih awam tentang popok kain modern ini. Berikut akan kami sampaikan perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harapannya supaya bunda lebih memahami dan dapat memilih clodi yang cocok dan diminati bunda.

Diaper Pocket
Ini adalah model diaper yang paling umum diproduksi. Ciri dari clodi sistem pocket ini adalah desain diaper yang berkantung sesuai dengan namanya. Insert/penyerap/daleman dimasukkan didalam pocket tersebut.

Terdiri dari 2 lapisan:
  1. Lapisan Inner/dalam: umumnya terbuat dari microfleece, suede atau bahan lain yang intinya memiliki fungsi dan sifat stay dry/tetap kering. Lapisan yang menempel di kulit ini menjaga kulit bayi tetap kering.
  2. Lapisan Outer/Luar: umumnya terbuat dari PUL. Namun ada yang terbuat dari bahan lain seperti bludru dll. Sifatnya harus berfungsi waterproof, tidak rembes air, anti bocor. Lihat gambar dibawah.

fitur diaper pocket
Fitur Diaper Pocket
Pocket Clodi
Gambar Diaper Pocket
Kelebihan: 
Insert yang dimasukkan dalam pocket, menjamin posisi insert tidak mudah bergeser dan terbentang merata diseluruh lapang diaper. sehingga dapat meminimalisir kebocoran karena cairan langsung terserap aman ke dalam insert. ketika popok telah penuh, semua bagian popok pada model pocket ini harus diganti semua. Baik Pocket diapertnya maupun insertnya. Karena lapisan inner tentunya sudah terpapar kencing berjam-jam)

Diaper Cover
Diaper Cover TIDAK memiliki 2 lapis kain yang membentuk Pocket. Jadi desainnya hanya punya lapisan luar saja dengan fungsi dan sifat waterproof, menahan air merembes keluar. Pada umumnya terbuat dari bahan Poliurethan Laminated(PUL), polyester atau wool.

Insert pada model diaper ini langsung ditempelkan pada diaper cover dengan menggunakan kancing/snap, velcro atau dengan desain pull up pant. Diaper Cover juga umumnya dilengkapi dengan leg gusset untuk mencegah bocor samping. Lihat Gambar dibawah.
Fitur Diaper Cover
Fitur Diaper Cover
clodi cover cluebebe
Penampakan bagian dalam tanpa insert

Diaper Cover + insert + fleece liner
Kelebihan: Mudah dilakukan penggantian insert yang baru. Apabila diaper covernya masih bersih, maka dapat diganti hanya insertnya saja  dengan insert yang baru. Berbeda dengan model Pocket yang selayaknya ketika ganti insert, ya ganti pocket diapernya juga. Jadi untuk cover diaper ini, kita perlu mempertimbangkan kebutuhan cadangan insert yang lebih.
Tipe Cover diaper Sangat cocok untuk bayi diawal-awal bulan kelahiran (kurang dari 3 bulan).Dengan pola BAB yang belum teratur dan frekwensi BAB yang masih sering. Andapun dapat mengganti penyerap dengan bahan kain lain yang dapat anda buat sendiri yang sifatnya menyerap.
Penjemuran diaper cover juga lebih cepat kering karena hanya terdiri dari lapisan PUL yang cukup diangin-anginkan saja.

Kekurangan: Ada sebagian pemakai yang kurang cocok karena terjadi bocor samping (Mungkin posisi insert yang menekuk atau sudah melebihi daya tampung. Ataupun setting ukuran yang terlalu longgar). Model pocket memang lebih baik dari model cover dalam kemampuan untuk mempertahankan posisi insert.

Semoga bermanfaat.


Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top