Home » » Istilah-Istilah Terkait Cloth Diaper

Istilah-Istilah Terkait Cloth Diaper

Written By Unknown on Minggu, 03 Juni 2012 | 19.37

Pada artikel sebelumnya telah kami tulis tentang bagian fitur utama dari cloth diaper. Melanjutkan artikel sebelumnya, kami sampaikan beberapa istilah terkait cloth diaper yang mungkin masih asing bagi anda.

Cloth Diaper: Orang Indonesia menyingkat dengan istilah clodi, yaitu popok modern yang terbuat dari kain. Yang membedakannya dengan popok kain tradisional adalah kemampuannya untuk menyerap dan menampung cairan sehingga tahan dan nyaman untuk dipakai dalam waktu beberapa jam. Sehingga dapat dikatakan bahwa cloth diaper mempunyai kemampuan seperti popok sekali pakai namun ini dapat dicuci ulang untuk dipergunakan kembali. Selain itu masih banyak nilai lebih yang ditawarkan yang patut menjadi pertimbangan untuk menggunakan cloth diapers

Microfleece/fleece: yaitu bahan yang terbuat dari 100% polyester yang efektif menyerap dan melewatkan air ke lapisan bawahnya, sehingga dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan nyaman. Fleece biasa dipakai pada lapisan inner pada jenis pocket. karena sifatnya ini, fleece mudah untuk dicuci dan cepat kering.

Microfiber: Adalah bahan dasar insert yang terbuat dari kombinasi polyester dan polyamide. microfiber mempunyai kemampuan untuk menyerap cairan hingga 7x lebih banyak dari berat kain microfiber itu sendiri.

Bamboo: Adalah bahan yang dapat dipergunakan sebagai insert cloth diaper. Bamboo terbuat dari serat bambu alami yang mempunyai sifat anti microba, bebas bahan kimia, mempunyai tekstur yang lembut dan tipis serta lebih dingin dari bahan yang terbuat dari polyester maupun polyamide. Bamboo juga mempunyai kemampuan daya serap yang tinggi dan tidak menyimpan bau. Namun masih kalah dengan daya serap pada microfiber. Bamboo biasanya memiliki daya serap yang maksimal setelah dicuci lebih dari 6x.

One-Size Pocket Cloth Diaper: Adalah bentuk popok kain/clodi yang memiliki kantung untuk ditempati oleh insert. Istilah ini menandakan bahwa pocket clodi yang memiliki ukuran yang dapat diatur dari S,M, dan L.

Snap Button: Ini adalah kancing, yaitu material perekat lipat pada clodi yang berfungsi untuk mengatur ukuran clodi dengan menyesuaikan lingkar paha bayi. Bahan snap button terbuat dari plastik yang aman buat bayi(dipilih karena tidak berkarat jika terkena air terus menerus)

Velcro/Cosmolon: Adalah perepet sebagai material perekat-lipat pada cloth diaper untuk menyesuaikan ukuran lingkar pinggang pada bayi. Sehingga pemakaian clodi akan lebih fix karena dapat dipakaikan sesuai dengan ukuran pinggang bayi.

Leg Gusset: Adalah gerutan kain yang dibuat di bagian lingkar paha  yang bertujuan untuk mencegah bocor samping.

Pull Up Pant: Ini adalah model cloth diapers yang bisa dikatakan berbentuk celana. Bayi dapat dipakaikan Pull Up Pant seperti halnya memakai celana. Model ini mempermudah kita memakaikannya untuk anak yang sudah aktif bergerak/berjalan.

Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top