Home » » Tips Mencuci Clodi Di Mesin Cuci

Tips Mencuci Clodi Di Mesin Cuci

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 14.00

Pencucian clodi pada mesin cuci sebenarnya sangat membantu dan meringankan kita. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya mendapatkan hasil yang optimal dan clodi tetap awet tidak cepat rusak.

Prewash
Pencucian pertama kali untuk clodi yang baru dibeli. Bunda cukup mencuci 2x cuci kering walau tanpa diberi detergen.

Penggunaan Detergen
Memang penggunaan detergen yang mengandung pemutih dan pelembut akan beresiko besar meninggalkan residu pada pori-pori insert yang dampaknya dapat menurunkan daya serapnya. Dan apapun detergen yang bunda pakai, prinsipnya adalah gunakan secukupnya saja sesedikit yang dibutuhkan. Dan kuncinya adalah pada pembilasan.

Laundry Bag.
Penggunaan laundry bag sangat disarankan untuk melindungi dan meminimalisir tarikan kuat mesin cuci. Apabila belum sempat menggunakan laundry bag. Sebelum popok dimasukkan mesin cuci, rekatkan dulu velcro pada laundry tab (pada clodi dengan velcro). Supaya velcro tidak menyangkut ke pakaian lain.
Sebaiknya clodi dicuci sendiri tanpa dicampur dengan pakaian lain.

Volume Air
Gunakanlah volume air yang banyak. Volume air yang banyak akan memudahkan pembersihan clodi dari kotoran sisa pipis yang menempel serta mengurangi penumpukan residu detergen.

Pembilasan
Pembilasan adalah faktor yang paling menentukan optimal atau tidaknya proses pencucian. Tetap gunakan volume air yang banyak untuk mengurangi sisa-sisa detergen. Bilas popok sampai benar-benar bersih.

Spinning/Pengeringan
Walau spin pada mesin cuci dapat memeras secara maksimal hingga kering, jangan lakukan ini untuk popok kain modern anda. Gunakan spin sekedar membantu pemerasan pengganti tangan anda. Silahkan spin clodi tetap menggunakan laundry bag jika menggunakannya. Dan lakukan durasi 1-2 menit saja.

Penjemuran
Penjemuran selain sebagai pengeringan alami, juga dapat membantu menghilangkan sisa warna noda. Khusus untuk diaper cover maupun pocket dengan lapisan outer Polyuethan Laminated(PUL) usahakan jangan terkena terik matahari terlalu lama. Karena dapat merusak bahan yang akan menghilangkan fungsi waterproofnya. Untuk diaper Cover, tidak perlu dijemur di terik matahari, cukup diangin-anginkan saja sudah cepat kering.

NB:
Pencucian clodi sebenarnya tidak memberatkan. Apalagi dibantu mesin cuci. Anda dapat mencuci 1 hari sekali, bahkan 2-3 hari sekali. Yaa tentu tergantung stok clodi yang dipunyai. Semakin sedikit stoknya akan semakin sering aktivitas mencucinya.

Jika anda hendak mengumpulkannya dulu dan mencucinya besok, maka setelah popok dilepas, segera siram dulu dengan air mengalir sambil diperas untuk mengurangi bau pesing. Apalagi setelah kena noda BAB, sebaiknya langsung dibersihkan. semprot dengan air deras supaya noda tidak menetap. Setelah agak bersih, peras popok dan tempatkan pada tempat yang anda sediakan dan menunggu untuk dicuci dimesin cuci esok hari.

Semoga bermanfaat!!

Salam,
Bakul Clodi

Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top