Home » » Apa yang Menyebabkan Clodi Bocor?

Apa yang Menyebabkan Clodi Bocor?

Written By Unknown on Selasa, 04 September 2012 | 05.16

clodi

Halo Bunda, beberapa waktu yang lalu beberapa calon customer bakulclodi mengeluh kepada kami bahwa clodi yang telah mereka pakai pernah mengalami kebocoran. Dengan latar belakang tersebut saya memiliki ide untuk memberikan penjelasan juga dalam kolom artikel terkait masalah yang dikeluhkan calon customer kami tersebut.

Pada dasarnya, desain dan bahan clodi (clodi dengan kualitas PREMIUM tentunya) dirancang untuk mencegah kebocoran pada pemakaiannya. Namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi bocor tidaknya clodi dalam pemakaiannya nanti. yaitu pemakaian/pemasangan, perawatan, daya tampung Insert, dan kualitas clodi itu sendiri.

Mari kita uraikan satu per satu, mengapa clodi mengalami kebocoran berdasarkan faktor-faktor diatas:

Pemakaian/Pemasangan
Pada pemasangan clodi yang kurang tepat maka dapat dimungkinkan mengalami bocor, biasanya bocor samping. Pemasangan clodi pada anak harus fix sesuai ukuran paha dan lingkar perut anak. Apabila terlalu longgar maka dikhawatirkan akan merembes dari samping ketika sikecil sedang derasnya BAK dalam posisi tubuh tertentu dimana mengakibatkan ada celah di sekitar paha. Namun apabila terlalu rapat/singset juga tidak baik bagi bayi karena membuat mereka tidak nyaman. Oleh karena itu perlu dilakukan setting yang tepat pada snap maupun perepetnya.  Perlu diperhatikan juga pemasangan insert harus terbentang merata dalam Pocket/Cover, jangan ada yang menekuk.

Note: Ada suatu masa tertentu dari pertumbuhan sikecil yang mengakibatkan semua setting ukuran di clodi menjadi kurang pas. Seperti bila disetting L menjadi kekendoran, namun bila disetting M menjadi terlalu rapat.

Perawatan
Biasanya kebocoran clodi berhubungan dengan menurunnya kemampuan  daya serap insert. Penurunan daya serap insert dapat disebabkan pada proses  perawatan yang kurang tepat atau memang usia insert sudah cukup lama terpakai. Pada insert yang telah lama terpakai, pasti mengalami penurunan performa. Dapat pula disebabkan proses pencucian yang kurang bersih sehingga menimbulkan tumpukan residu detergen dalam insert. Oleh karena itu perlu dilakukan proses stripping secara berkala 1 bulan sekali.

Detergen Yang Tidak Cocok
Bahan detergen yang menimbulkan residu dapat menurunkan daya serap insert. Ketika residu detergen menempel dipori-pori Insert, maka akan menghalangi insert untuk mengikat cairan sebanyak normalnya. Sehingga dampak yang dirasa adalah popok cepat penuh, cepat bau, dan berpotensi timbul ruam popok. Gunakanlah detergen yang aman seperti Ultraco.

Daya Serap Insert
Setiap merk clodi biasanya memiliki kemampuan daya serap insert masing-masing. Tergantung bahan dan kualitas yang dipakai tiap-tiap produsen. Hal ini tentu berdampak pada penggunaannya. Ketika Insert memiliki kemampuan daya serap 200cc misalnya, padahal suatu ketika pipis si kecil melebihi kapasitas tersebut, tentu pipisnya kemungkinan akan mencari jalan keluar. Oleh karena itu, semakin bagus kualitas insert semakin tinggi daya serap insert sehingga dapat bertahan lebih lama.   

Kerusakan
Popok yang lapisan luarnya terbuat dari bahan Poliurethan Laminated (PUL), memiliki kerentanan terjadi bocor ketika lapisan ini rusak karena pecah dan berlubang. Lubang setitik saja sudah cukup buat cairan untuk merembes keluar. Lapisan waterproof ini akan mudah rusak apabila terkena paparan panas berlebihan. Oleh karenanya popok jenis ini tidak boleh kena air panas atau penjemuran diterik matahari (secara langsung menghadap terik matahari yang panas).
Kerusakan PUL juga bisa jadi akibat tusukan mekanik oleh sesuatu. Kebocoran akibat kerusakan PUL ini bisa terjadi dititik diseluruh lapang popok dimana kerusakan terjadi

Kerusakan lain yang bisa jadi memicu bocor samping adalah sudah tidak elastisnya karet elastik paha. Karet menjadi kendor tidak merangkul paha secara rapat mengakibatkan celah bagi air untuk merembes keluar.

Kerusakan insert juga dapat terjadi apabila mendapatkan perlakuan yang salah seperti distrika atau pemakaian detergen yang tidak tepat. Perlu dilakukan penggantian insert yang baru apabila insert yang lama sudah tidak layak pakai.

Kualitas Clodi
Clodi yang ada dipasaran sekarang begitu banyak dan variatif. Tidak hanya model, untuk kualitasnya juga variatif. Maka untuk clodi yang murah di kelas ekonomis, tidak dapat disamakan kualitasnya dengan clodi kelas PREMIUM. Faktor kualitas ini sangat berpengaruh pada efektifitas dan efisiensi penggunaannya. Performa clodi PREMIUM sangat jauh lebih baik dan memuaskan dari pada yang kelas ekonomis. Dan perlu diketahui bahwa performa clodi itu menyangkut kemampuan ketahanan, daya serap, dan kenyamanan dalam pemakaian.





Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top