Home » » Clodi dan Musim hujan

Clodi dan Musim hujan

Written By Unknown on Jumat, 13 Juli 2012 | 00.15


jemuran clodi
Clodi (cloth diapers) adalah popok kain modern yang dapat dicuci ulang. Tidak seperti disposibel diaper yang setelah dipakai langsung dibuang dan berakhir di tempat sampah. Clodi memang dibuat sebagai popok yang memiliki nilai fungsi yang bertahan lebih lama. Dipakai tidak hanya sekali namun berkali-kali sampai anak sudah bisa toileting. Sehingga dibutuhkan proses perawatan yaitu proses pencucian clodi yang benar dan stripping clodi untuk menjaga clodi dapat berfungsi optimal.

Clodi atau popok kain modern ini memiliki 2 bagian utama, yaitu insert (penyerap dan penampung cairan) dan cover/pocket yang membungkus insertnya. Pada proses penjemuran, bagian yang paling cepat kering adalah cover/pocket. Karena bagian ini terbuat dari microfleece yang lembut di lapisan dalam yang cepat kering. Apalagi lapisan luarnya yang terbuat dari Polyurethan yang bersifat waterproof.

Sedangkan Insert, ini adalah bagian yang terbuat dari serat kain microfiber yang memiliki daya serap air yang tinggi. Sehingga pada proses penjemuran, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering. ketika musim panas dimana terik matahari hampir hadir setiap hari. Maka penjemuran insert ini dapat kering lebih cepat. Namun ketika musim hujan, seperti layaknya menjemur pakaian yang lain, penjemuran insert membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk kering. 

Oleh karena itu, kita perlu memahami bahwa standarnya kebutuhan popok kain clodi minimal 6 buah per hari jika penggunaannya Full Time 24 jam, karena anjurannya maksimal 4 jam harus diganti. Sehingga koleksi popok clodi yang harus disediakan adalah 1 lusin (12 buah), sebanyak 6 buah untuk pemakaian hari ini dan 6 buah untuk esok hari. Namun ada pula dari para ibu yang mengkombinasikan dengan memakai popok kain tradisional sehingga kebutuhan popok kain modern (clodi) kurang dari itu.

Bagaimanakah clodi ketika musim hujan? ketika pengeringan insert membutuhkan waktu yang lebih lama. Sedangkan popok dibutuhkan segera. 

Apabila kita memiliki mesin cuci, maka akan sedikit terbantu dengan pengeringan menggunakan mesin cuci. Namun apabila tidak memiliki mesin cuci, sebaiknya kita menambah koleksi clodi yang lebih banyak sebagai cadangan. Tentunya jumlah yang dibutuhkan oleh setiap orang akan berbeda, tergantung kebiasaan jumlah pemakaian setiap harinya. Sehingga kita dapat mengantisipasi apabila musim hujan yang terkadang tidak ada terik matahari sampai berhari-hari.

Kita pun dapat mensiasatinya dengan menambah koleksi insertnya, karena bagian ini yang lama keringnya. Sehingga ketika dalam pemakaian insert sudah penuh, dan cover/pocketnya masih belum ternoda kotoran, maka cukup mengganti insert nya saja sehingga lebih praktis digunakan ketika musim hujan.

Kami menyediakan Insert yang dijual terpisah dari pocket/cover nya sebagai tambahan atau cadangan kebutuhan popok bayi anda.

Jadi jangan risau ketika datang musim hujan, karena sama saja dengan pengeringan pakaian lain. Kita membutuhkan koleksi clodi yang lebih banyak sebagai cadangan dimusim hujan supaya anak kita tetap bisa menikmati penggunaan popok kain modern yang nyaman, sehat dan tentunya EKONOMIS.

Happy Cloth Diapering!!


Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top