Home » » Investasi Cerdas dengan cloth diapers

Investasi Cerdas dengan cloth diapers

Written By Unknown on Kamis, 28 Juni 2012 | 19.58

investasi cerdas dengan clodi murah
Pada era sekarang ini, kita dihadapkan dengan banyaknya produk-produk yang menawarkan segala sesuatu yang berbau instan atau praktis. Untuk kebutuhan mendasar bagi bayi seperti popok, para ibu pun sekarang mendapat pilihan penggunaan popok yang lebih praktis. Kita tidak lagi harus bergelut dengan ompol bayi yang meluber kemana-mana, cucian bayi yang menumpuk karena celana, baju, bedong, sprei bahkan selimut tebal yang terkena ompol. Adanya produk popok yang lebih praktis, membantu meringankan para ibu dengan kesibukan aktivitas hariannya. 

Sekarang ini, terdapat tiga jenis popok yang UMUM dikenal dan digunakan untuk bayi, yaitu:
1. Popok kain serap biasa/popok tali
2. Disposibel diaper/Pospak (popok sekali pakai)
3. Reusable cloth Diapers/ Popok kain modern/ Clodi.

diskon bakulclodi
Dari sisi kepraktisan, tidak dapat disangkal bahwa disposibel diaper menempati peringkat pertama, karena sekali pakai langsung dibuang tanpa repot mencuci. Sedangkan popok serap biasa menjadi kurang praktis karena harus menggantinya setiap bayi pipis. Tidak ayal, perlengkapan penyerta lain seperti bedong, alas ompol dan sprei pun sering terkena ompol dan menambah tumpukan cucian.

Dengan hadirnya popok kain modern (reusable cloth diapers), telah memenuhi harapan banyak ibu sebagai solusi praktis penggunaan popok kain yang memiliki kemampuan daya serap layaknya disposibel diaper. Dapat dipakai berjam-jam, Ompol tidak meluber kemana-mana, nyaman di kulit tanpa takut kebasahan, hemat dan ramah lingkungan.

Disposibel diapers sekarang ini telah merajai penggunaan popok bayi karena kepraktisannya. Namun hadirnya popok kain modern akan memberikan nilai lebih dari sisi ekonomis. Jika kita termasuk orang yang sangat peduli dengan manajemen anggaran pengeluaran keluarga kita, maka sudah saatnya kita memperhatikan biaya kebutuhan popok untuk bayi kita.

Popok kain modern menawarkan pilihan yang hemat dan ekonomis untuk kebutuhan popok bayi "dalam jangka panjang". Ingat yaa, dalam jangka panjang 2-3 tahun!!. Karena, sebagian dari kita mungkin pada awalnya merasakan kurang murah untuk harga popoknya, namun jika dibandingkan dengan pemakaian disposibel diapers dalam jangka sepanjang itu, akan jauh lebih murah menggunakan popok kain modern.

Namun Jika ingin hemat lagi dan kita tidak merasa direpotkan untuk mengganti popok tiap bayi kita pipis, maka popok kain serap biasa adalah pilihan utamanya.

Mari kita bandingkan biaya pemakaian popok kain modern dengan disposibel diapers ya.

Note: Jika asumsi penghitungan diatas menurut anda tidak rasional, silahkan diabaikan saja ya!!!

Kita Berhitung:
Kita asumsikan rata-rata para ibu yang menggunakan disposibel diaper membutuhkan 5 pcs/hari dengan kisaran harga 2000-2500 Rupiah/pcs (merk yang paling murah ya?). Maka anggaran belanja yang harus disiapkan ibu untuk pemakaian disposibel diapers adalah:

Perhari 5 x Rp.2000, = Rp. 10.000,- 
Perbulan 30 x Rp. 10.000, = Rp. 300.000,-
Pertahun 12 x Rp. 300.000, = Rp. 3.600.000,- 

Kebutuhan pemakaian popok pada bayi sebelum bisa toileting, rata-rata selama 2 tahun. Bahkan bisa lebih dari 3 tahun. Jadi kebutuhan disposibel diaper sejak lahir hingga usia 2 tahun membutuhkan anggaran:

2 x Rp. 3.600.000, = Rp. 7.200.000,-

"Akan memakan banyak anggaran lagi jika memakai popok dengan kualitas lebih baik dan anak belum lepas-lepas juga dari popok hingga usia 3-4 tahun."

Selanjutnya anggaran untuk pemakaian popok kain modern.

Usia pemakaian popok, tergantung jumlah yang dimiliki, semakin sedikit semakin sering dipakai semakin cepat usang. Tidak beda dengan baju kita. Juga dipengaruhi oleh bagaimana kita merawatnya.
Rata-rata usia pemakaiannya adalah 2 tahun. Paling-paling harus ganti penyerap yang baru jika kondisi covernya masih baik.

Untuk produk lokal harga popok di kisaran Rp. 60.000, - Rp. 85.000,- sedangkan untuk produk import Premium sekitar Rp. 85.000, - Rp. 300.000,. Mari kita ambil harga yang ditengah-tengah, yaitu harga tertinggi untuk produk local saja.

Kebutuhan popok sebanyak 5 pcs/hari. Berarti yang perlu disediakan adalah 10 pcs. karena sebanyak 5 pcs dipakai hati ini dan dicuci-jemur, sedangkan 5 pcs lagi untuk keesokan harinya.

Anggaran yang perlu dipersiapkan adalah:

10 pcs (popok kain modern) x Rp. 85.000, = Rp. 850.000,-/sekali beli untuk 2 tahun. Waaah hemat sekali!!

Silahkan tambahkan sendiri untuk pegeluaran tambahan pada perawatan clodi seperti deterjen, air dan listrik.maka masih lebih hemat karena memang tidak begitu signifikan. kebanyakan para bunda tidak beli langsung banyak. Pertama-tama coba-coba dulu, nanti nambah sedikit-sedikit sesuai kebutuhan.

Apabila kita peduli terhadap anggaran pengeluaran kita, berapa biaya pengeluaran popok yang terpangkas dihitung selama 2 tahun adalah:

Disposible diapers = Rp. 7.200.000,-/2 tahun
Cloth Diapers = Rp. 850.000,-/sampai usang bisa lebih dari 2 tahun
Pengeluaran yang terpangkas sebesar Rp. 7.200.000, - Rp. 850.000 = Rp. 6.350.000,-

Pemangkasan pengeluaran sebesar itu mengalahkan keuntungan dalam investasi emas sekalipun. Dan anda pun dapat mengalokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Jadi perkiraan perhitungan diatas dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang peduli dengan anggaran pengeluaran anda untuk memilih produk popok yang lebih hemat ekonomis namun tetap praktis dan nyaman bagi buah hati anda.

Tentukan pilihan anda sekarang juga. Jangan lewatkan moment-moment indah ber cloth diaper ria bersama jutaan penggunanya. Happy cloth diapering!!!!


Hubungi Kami

Copyright © 2013. Bakul Clodi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top